Tips

Tips Cara Memilih Biji Kopi Mentah Yang Baik

Kita wajib bangga tinggal di Indonesia yang kaya akan hasil alamnya. Kopi adalah salah satu produk ekspor andalan bangsa kita. Pecinta kopi di luar negeri pun mengakui bahwa produk kopi Indonesia memiliki cita rasa yang sangat kuat. Mereka sangat kagum dengan ragam jenis kopi dengan rasa dan keharuman yang berbeda-beda. Bahkan, kita harus bangga bahwa kopi luwak yang sangat mahal dan fenomenal itu adalah produk asli tanah air.

Bisa jadi, Anda adalah seseorang yang selalu menyempatkan diri untuk minum kopi, tetapi hanya sebatas sebagai penyuka segala macam kopi. Mungkin Anda membeli kopi bubuk instan yang tak perlu repot untuk menyiapkannya. Tidakkah Anda tertarik untuk membeli kopi dalam bentuk biji ?

Ada banyak keuntungan saat Anda membeli biji kopi dan mengolahnya sendiri. Rasa kopi masih terasa segar karena bubuk kopi langsung diseduh. Sedangkan kopi kemasan telah melalui berbagai macam proses, bukan? Anda hanya perlu membeli mesin pembuat kopi yang kini semakin beragam, dengan harga yang terjangkau. Anda pun bisa menambah berbagai rasa seperti cappuccino, mocca latte, dan banyak lagi. Pun Anda tak perlu berkecil hati jika Anda tak memiliki coffee maker. Anda dapat menggiling kopi tersebut di berbagai penyedia gilingan kopi.

Namun, perlu sedikit ilmu untuk dapat memilih biji kopi mentah. Ilmu yang jauh dari kata sulit, terutama apabila Anda penggemar berat kopi khas Indonesia. Teori di bawah ini berlaku bagi semua jenis, baik biji kopi robusta ataupun biji kopi arabika. Berminat?

Pertama-tama, Anda harus mencari referensi sebanyak mungkin kepada rekan atau kerabat tentang penyedia biji kopi terbaik di wilayah Anda. Hal ini berlaku bagi pemula, yang tak ingin membuang waktu untuk memilih beragam biji kopi yang memiliki tekstur, warna serta aroma yang hampir sama. Berbeda dengan pecinta kopi sejati yang biasanya dapat mendeteksi kopi terbaik dari aromanya saja.

 

Kedua, aroma memegang peranan penting dalam memilih biji kopi mentah. Hal ini tidaklah terlalu sulit bagi pemula. Pilih saja dulu biji kopi dengan aroma yang benar-benar sesuai dengan aroma kopi yang sehari-hari Anda minum. Jika rasanya tak sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat kembali untuk mencoba jenis kopi lainnya. Tak perlu membeli terlalu banyak, jika Anda adalah tipe yang hanya suka kopi dengan merk tertentu.

Ketiga, harga. Tidak ada kopi terbaik dengan harga super murah, karena biji kopi terbaik merupakan hasil dari pohon kopi yang benar-benar dipersiapkan untuk memproduksi biji kopi dengan kualitas prima. Namun demikian, memilih kopi sebenarnya terkait dengan selera pembeli. Memang, seorang pecinta kopi pasti menyukai jenis kopi terbaik dan termahal, meski terkadang mereka memilih kopi dengan kualitas sedikit di bawahnya, karena masalah harga. Tidak ada salahnya jika Anda memilih biji kopi yang termahal terlebih dahulu, meski dalam jumlah sedikit. Setelah itu, belilah kopi dengan harga lebih rendah ketimbang sebelumnya. Nah, Anda akan dapat merasakan perbandingan cita rasa kopi yang sebenarnya. Meskipun rasa kopi yang lebih murah menjadi pilihan utama Anda, bukan berarti Anda memiliki selera rendah, lho.

Keempat, tingkat kafein. Banyak kesalahpahaman dimana banyak orang menganggap bahwa kopi dengan warna yang paling hitam adalah kopi dengan tingkat kafein paling tinggi. Anggapan ini salah besar, karena ternyata kopi yang memiliki warna yang paling muda adalah kopi dengan kadar kafein tertinggi. Jika Anda seorang pemula, maka Anda perlu memilih biji kopi hitam dengan warna paling gelap.

Tidak ada salahnya mencoba berbagai macam biji kopi mentah dari berbagai kawasan di seluruh Indonesia. Namun, jika Anda khawatir bahwa Anda salah memilih biji kopi dimana rasanya tak sesuai dengan lidah Anda, Anda dapat mampir ke berbagai kafe dengan spesialisi kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Saat Anda telah menentukan pilihan, Anda tak perlu buang-buang waktu untuk memilih biji kopi mentah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *